Cara Scan QR Code Tanpa Instal Aplikasi

Saat ini banyak sekali produk, kartu undangan, dan layanan informasi yang menampilkan barcode atau QR Code, dengan tujuan agar lebih mudah diakses oleh pengguna smartphone.

Namun, yang terjadi saat ini bukanlah memudahkan pengguna, mereka justru merasa bingung dengan adanya QR Code. Sementara itu, orang-orang di jaman era digital ini sangat membutuhkan informasi yang lebih cepat, bukan mempersulit aktivitas mereka.

Cara Scan QR Code Tanpa Instal Aplikasi

Maka dari itu tidak sedikit dari mereka selalu mengabaikan informasi yang hanya bisa diakses dengan melakukan scan QR Code.

Padahal yang jadi masalah saat ini adalah bukan mempersulit pengguna untuk mendapatkan informasi, tapi mereka yang masih belum mengerti cara Scan QR Code.

Apa anda termasuk salah satu orangnya?

Jika iya, simak artikel ini sampai selesai agar anda bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih bermanfaat.

Cara Scan QR Code Tanpa Aplikasi


Jika anda pengguna smartphone android dengan Sistem Operasi versi yang terbaru, anda bisa mengakses QR Code tanpa perlu repot menginstal aplikasi pihak ketiga.

Yang perlu anda ketahui adalah Caranya.

1. Tekan Tombol Home kurang lebih sekitar 3 detik. Maka anda akan diarahkan ke Google Assistant.

Google Assistant ini banyak sekali fitur unggulannya. Salah satunya adalah untuk memindai kode QR.

2. Setelah anda masuk di google Assistant, anda lihat bagian bawah ada tombol logo google lens. Silakan anda tekan tombol tersebut untuk melakukan Scan Barcode atau QR Code.

Cara Scan QR Code Tanpa Instal Aplikasi

Fungsi google lens ini banyak sekali, tidak hanya untuk scan qr code tapi bisa juga digunakan untuk yang lain seperti mendeteksi teks, warna, gambar dan lain sebagainya.

3. Arahkan posisi kamera ke QR Code, maka akan muncul informasi tentang Barcode tersebut, cukup anda tekan logo informasi itu, anda sudah bisa langsung mengaksesnya.

Cara Scan QR Code Tanpa Instal Aplikasi

Catatan : Untuk anda yang baru pertama kali mengakses google Assistant akan diminta untuk memasukkan akun google anda. Dan google lens akan meminta izin untuk memberikan akses kamera untuk menggunakan google lens.

Cara di atas bisa dilakukan di berbagai perangkat android dengan sistem operasi versi terbaru tapi tidak berlaku untuk smartphone Samsung.

Jika anda pengguna ponsel samsung silakan anda coba cara di bawah ini.

1. Buka Browser Samsung (browser bawaan).

2. Masuk menu option (setting), lalu pilih Ekstensi.

3. Centang (aktifkan) Pembaca kode QR.

4. Setelah aktif, akan muncul menu baru bernama Pindai Kode QR.

5. Anda bisa gunakan itu untuk melakukan Scan QR Code di hp samsung tanpa aplikasi.

Catatan : Tidak semua ponsel samsung memiliki tampilan yang sama, anda hanya perlu menyesuaikan tata letak dan opsinya saja. Itulah Cara Scan QR Code tanpa aplikasi yang bisa saya bagikan untuk postingan kali ini.

Cukup mudah bukan? Harusnya iya, karena QR sendiri memiliki arti Quick Response. Artinya anda harus bisa memanfaatkan ini sebagai alat untuk mendapatkan informasi yang cepat. Bukan mempersulit aktifitas anda.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Dapatkan Artikel Spesial Terbaru via email:

0 Response to "Cara Scan QR Code Tanpa Instal Aplikasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel