Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Tanpa Unlock Bootloader

Beberapa hari lalu saya didatangi teman saya yang meminta tolong agar hp xiaomi redmi 5A nya di flashing karena hpnya dia mengalami bootlop. Sebenarnya untuk mengatasi masalah bootlop di handphone xiaomi bukan masalah yang sulit untuk saya jika smartphone xiaomi tersebut sudah di unlock bootloader. Tapi karena hp teman saya yang akan di flash ini masih dalam keadaan lock bootloader nya sehingga saya jadi agak sedikit kesulitan untuk melakukan flashing. Tapi, karena niat membantu teman akhirnya hp xiaomi redmi 5A teman saya berhasil saya flashing tanpa unlock bootloader.

Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Tanpa Unlock Bootloader

Karena itulah saya jadi terfikir, jika yang telah saya lakukan itu saya bagikan ulang melalui tulisan di blog ini dengan tujuan agar bisa membantu orang yang sedang membutuhkan dan bisa menjadi sesuatu yang berkah. Untuk kamu yang sedang mencari tutorial cara flashing xiaomi redmi 5A tanpa unlock bootloader di mesin pencari, mungkin ini adalah solusi yang tepat untuk anda.

Di sini saya tidak akan menjelaskan apa itu UBL, karena saya telah menjelaskannya di artikel tentang Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 5A.

Oke, kalau begitu kita langsung saja ke tahap tutorialnya.

Pertama anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya seperti file Rom, MI Flash tools, dan Pinset (yang biasa digunakan untuk cabut uban). Sebenarnya tidak pakai pinset atau alat yang lainnya bisa saja asalkan alat tersebut dapat menyambungkan aliran listrik. Nanti akan saya jelaskan lebih detail di artikel ini sesuai dengan tahapannya.

Langsung saja anda download file rom xiaomi redmi 5A versi terbaru Disini.

Karena file rom yang anda download berformat .tgz dengan size file yang besar, saya menyarankan agar anda downloadnya menggunakan komputer dan mengekstraknya menggunakan komputer juga.

Silahkan Anda download mi flash tool Disini.

Setelah berhasil anda download langsung saja instal mi flash tool di komputer anda.

Setelah komputer anda berhasil terinstal mi flash tool, maka kita langsung saja ke tahap proses flashing xiaomi redmi 5A-nya.

Sebelum memulai proses flashing, saya menyarankan agar baterai hp anda terisi lebih dari 70%, ini bertujuan agar saat proses boot berjalan dengan lancar.

Selanjutnya kita buka casing bagian belakang handphone xiaomi redmi 5A-nya. Untuk membukanya sangat mudah, bisa anda gunakan kuku tangan atau menggunakan bekas kartu ATM. Setelah berhasil terbuka casing bagian belakangnya, maka sekarang anda buka tutup mesin handphone xiaomi anda menggunakan obeng yang ukurannya kecil. Tapi, perlu anda perhatikan ketika ingin melepaskan stiker garansi pastikan jangan sampai rusak agar garansi hp anda masih digunakan.

Setelah berhasil terbuka penutup mesinnya, maka anda cari yang namanya test point (bentuknya seperti dua titik yang kecil) untuk lebih jelasnya bisa anda lihat gambar di bawah ini.

Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Tanpa Unlock Bootloader

Di atas tadi saya telah mengatakan kepada anda agar menyiapkan Pinset sebagai bahan-bahan yang dibutuhkan untuk melakukan flashing. Dan di sinilah pinset ini sangat berguna untuk handphone kesayangan anda. Tusuk atau tempelkan dua titik test point ini dengan pinset secara bersamaan, lalu sambungkan kabel data dari hp ke komputer anda.

Proses ini agak sedikit rumit, jika tidak pas maka smartphone anda tidak terdeteksi di komputer. Jika tidak terdeteksi contohnya adalah muncul logo baterai di charge. Jika terdeteksi contohnya adalah muncul gambar logo xiaomi bertuliskan fastboot.

Setelah xiaomi redmi 5A anda terdeteksi oleh komputer anda, maka buka aplikasi mi flash tool di komputer anda. Selanjutnya klik refresh sampai muncul kode yang menandakan bahwa hp anda sudah terbaca. Lihat contoh gambar di bawah ini.

Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Tanpa UBL

Selanjutnya anda cari file rom xiaomi redmi 5A yang sudah anda download dan ekstrak tadi. Klik open pada posisi yang sama seperti gambar di bawah ini.

Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Tanpa UBL

Jika sudah seperti itu bisa anda mulai proses flashing-nya. Tapi perlu anda perhatikan pada bagian paling bawah di mi flash tool, pastikan anda sudah memilih Clean All. Maka langsung saja mulai proses flashing xiaomi redmi 5A kesayangan anda.

Perlu anda perhatikan, saat proses flashing sedang berjalan, jangan menyentuh kabel data agar tidak terjadi koneksi terputus saat proses flashing karena ini bisa menyebabkan masalah pada handphone anda. Tunggu sampai proses flashing benar-benar selesai dan muncul bacaan SUCCESS.

Jika berhasil, maka secara otomatis hp xiaomi anda akan langsung restart. Proses booting ini membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit sampai anda bisa masuk ke tampilan home MIUI. Jika anda telah berhasil masuk ke tampilan home, itu artinya anda telah berhasil melakukan flashing xiaomi redmi 5A tanpa unlock bootloader.

Sampai di sini saya rasa sudah selesai dan semoga informasi ini bisa membantu anda yang sedang mencari cara flashing xiaomi redmi 5A tanpa UBL. Tutorial yang saya berikan ini bisa juga anda terapkan untuk gonta ganti rom seperti rom global ke rom china dan juga dari rom china ke rom global asalkan anda punya file romnya.

Jika masih ada yang membuat anda bingung dengan tutorial ini, maka jangan segan untuk bertanya kepada saya.

Dapatkan Artikel Spesial Terbaru via email:

0 Response to "Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Tanpa Unlock Bootloader"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel