Tutorial Membuat Blog Menggunakan Smartphone Android

Hallo, selamat pagi sobat matakalong, karena saya membuat tulisan ini pada pagi hari dan langsung terfikirkan untuk membagikan sedikit tips yang saya punya untuk sobat matakalong.

Ini masih ada hubungannya dengan belajar ngeblog atau belajar membuat blog.

Mungkin kalau anda sering browsing, pasti akan banyak menemukan artikel tentang belajar membuat blog yang lebih baik dari pada yang ada di matakalong.com.

Namun yang ingin saya bagikan di sini akan terlihat berbeda dari pada yang lain, karena saya ingin membagikan cara membuat blog melalui smartphone android.

Platform yang saya gunakan untuk membuat blog pada tutorial ini adalah blogger.com, sebenarnya blogger sendiri sudah menciptakan aplikasi blogger yang bisa anda unduh di PlayStore maupun AppStore. Tetapi saya tidak mengharuskan anda menginstall aplikasi blogger tersebut, justru saya menganjurkan anda untuk menginstall aplikasi google chrome.

Pasti kalian akan bertanya, kan itu sudah ada aplikasi khusus buat ngeblog, kenapa malah instal aplikasi google chrome?

memang sudah ada aplikasi yang dikhususkan untuk membuat blog  dengan smartphone android maupun ios, alasan saya tidak harus menggunakan aplikasi blogger karena masih kurang optimal.

Kalau tidak percaya silahkan anda coba sendiri karena saya tidak akan membahas itu pada kesempatan kali ini.

Oke, langsung saja kita mulai belajar membuat blog melalui smartphone.

Setelah anda menginstal aplikasi google Chrome silahkan anda masukan url https://blogger.com

Sebelum lanjut, kalian harus login akun google atau gmail anda.

Sesudah masuk, anda akan ditampilkan antarmuka seperti di bawah ini.
Tutorial Membuat Blog Menggunakan Smartphone Android
Tutorial Cara Membuat Blog Menggunakan Smartphone Android
Isi nama blog anda sesuai dengan selera anda, selanjutnya isi domain anda kalau bisa nama domain tidak jauh berbeda dari nama blog anda, contoh nama blog anda adalah sayang kucing jadi domain anda kalau bisa juga harus seperti nama blog anda seperti kucingkucayank.blogspot.com.

selanjutnya pilih template yang sederhana saja untuk awal mula membuat blog karena dengan template ini sebagai pemula sangatlah responsive, jika anda sudah mulai banyak menulis diblog anda silahkan anda bisa mengganti template blog anda. Dan saya menyarankan untuk menggunakan template yang responsive dan juga mobile friendly, anda cari sendiri di search engine atau mesin pencari google, karena untuk saat ini saya tidak menyediakan template blogger.

Setelah blog anda jadi lanjut membuat isi blog anda dengan membuat postingan yang bermanfaat agar anda mendapatkan banyak pengunjung, untuk membuat postingan baru bisa anda lihat seperti gambar dibawah ini.
Tutorial Membuat Blog Menggunakan Smartphone Android
Pilih atau klik bacaan entri baru, disini karena saya mengunakan bahasa indonesia bacaannya entri baru kalau anda menggunakan bahasa yang lain bacaannya akan berbeda tetapi untuk tata letak tetap sama seperti diatas

Setelah anda masuk, yang pertama jangan lupa untuk mengisi sebuah judul, contoh seperti saya membuat postingan blog dengan judul kucing pertamaku. Setelah menulis judul silahkan anda isi postingan atau artikel sesuka anda dan kalau bisa anda lengkapi tulisan anda dengan gambar, dan kalau bisa setiap artikel itu memiliki minimal 300 kata.
Tutorial Membuat Blog Menggunakan Smartphone Android
Lihat gambar, ada banyak sekali tools yang dapat anda gunakan dan berbagai macam fungsi masing-masing, say tidak akan menjelaskan itu, bisa anda coba sendiri. Satu lagi jangan lupa memberi label dan deskripsi penelusuran setelah anda menulis artikel pada blog anda. Sekiranya semua sudah selesai lanjut anda klik publikasikan. Selamat blog pertama anda sudah jadi.

Ada baiknya sebelum anda membuat blog anda baca juga sejarah dan mengenal apa itu blogger.com

Begitulah cara membuat blog dengan menggunakan smartphone android versi mata kalong, semoga apa yang sudah saya berikan pada pagi hari ini menjadi bermanfaat untuk anda yang sudah membacanya.

Dapatkan Artikel Spesial Terbaru via email:

0 Response to "Tutorial Membuat Blog Menggunakan Smartphone Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel